Labuan Bajo :
Bukan Hanya Sudah Premium Tapi Juga Mewah

Dalam beberapa kesempatan mengunjungi Labuan Bajo saya selalu memiliki kesan adanya keeksotikan dari tempat ini terlebih bila pada sore hari berada di sebuah cafe dengan pemandangan dermaga menunggu matahari terbenam.

Pada saya masih bekerja di Kapal Pinisi, setiap kapal tiba di Labuan Bajo setelah 5 hari berlayar dari Bali, kesan bahwa saya pulang ke rumah sangat kental bila menginjakan kaki di Labuan Bajo, hal tersebut karena Labuan Bajo dapat memberikan rasa seperti di rumah bagi saya pribadi.

Lalu Lalang orang asing baik yang sebagai turis maupun sebagai pelaku wisata di Labuan Bajo memberikan gambaran seperti dunia ini memang sangat kecil jika dilihat dari kacamata pariwisata karena berkumpulnya orang dari berbagai suku dan ras disatu tempat dan memiliki satu tujuan yang sama yaitu melihat dan menikmati keindahan ciptaan Tuhan Sang Pencipta.

Selain dari keeksotikannya, Labuan Bajo sebagai pintu gerbang ke Komodo, rumah dari si ‘<i>Komodo Dragon</i>’ dimana hanya ditempat inilah orang dapat melihat secara langsung Komodo di habitatnya.

Sebuah keeksklusifan bagi para traveler yang mengunjungi dan dapat melihat Komodo secara langsung di habitatnya, para wisatawan dari penjuru dunia datang kesini secara khusus hanya ingin bertemu dengan Komodo.

Dapat dikatakan bahwa Labuan Bajo bukan saja sudah menjadi sebuah destinasi wisata yang menawarkan wisata premium namun juga sudah menawarkan kemewahan dalam wisata yaitu sosok dari si Komodo itu sendiri yang hanya dapat dilihat disini dan orang datang secara khusus untuk itu.

Mengapa Labuan Bajo dikatakan bukan hanya sudah premium tapi juga mewah ?

Dalam beberapa kesempatan berdiskusi dengan salah satu premium and luxury brand strategist yaitu Michael Baicoianu, beliau mengatakan bahwa pada segmen premium, traveler hanya cukup menuntut peningkatan layanan saja dengan tidak memikirkan lokasi atau destinasinya, sedangkan pada wisata mewah, traveler akan menuntut keekslusifan dari keduanya yaitu dari segi layanan dan destinasi.

Wisata Premium yang sudah ditawarkan oleh Labuan Bajo terletak pada pilihan kapal yang berkualitas lebih dari kapal-kapal biasa dimana selain berkualitas juga memberikan sensasi berlayar yang berbeda dengan kabin yang nyaman serta fasilitas kapal yang sangat lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan wisatawan selama berlayar seperti perlengkapan snorkeling, diving dan beberapa malah ada yang menawarkan jetski dalam kapal pinisi.

Bukankah ini sesuatu yang premium, sesuatu yang memiliki kualitas layanan yang lebih dari standar dan sebagai pilihan bagi traveler pada segmen premium ?

Sedangkan kemewahan yang ditawarkan bukan pada fasilitas hotel atau pemandangan alamnya akan tetapi pada keeksklusifan yang dimiliki oleh Taman Nasional Komodo (sebagai destinasi) yaitu Komodo yang selain hanya dapat dilihat di habitatnya, juga Komodo adalah salah satu dari The New 7 Wonders of Nature .

Sesuatu yang eksklusif adalah sesuatu yang jarang bisa didapat, bukannya sesuatu yang jarang bisa didapat adalah sebuah kemewahan ? namun bukan kemewahan dalam biaya yang harus dikeluarkan oleh pengunjung atau wisatawan namun pada pengalaman bertemu si Komodo yang hanya di tempat ini dapat dilakukan.

Dimana lagi kita bisa melihat sekumpulan Komodo secara langsung kalau bukan di habitatnya dan satu-satu nya adalah hanya di Taman Nasional Komodo ?.

Sehingga menurut kami, Labuan Bajo bukan saja sudah menawarkan wisata premium dengan kualitas layanan pada kapal untuk menuju ke Taman Nasional Komodo namun juga keberadaan si Komodo sendiri di habitat nya itu sendiri yang sudah menawarkan sebuah kemewahan dalam wisata bagi siapa saja yang mengunjunginya. Sebuah pengalaman yang hanya bisa didapat di Labuan Bajo sebagai pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo.

Dan tanpa diketahui orang banyak untuk menjaga privasi para tamunya, sudah banyak selebritas dan para musisi dunia serta milyuner dunia yang berkunjung ke Labuan Bajo hanya untuk melihat Komodo, bukankan ini tanda bahwa Taman Nasional sudah menjadi pilihan bagi wisatawan disegmen premium dan mewah ?

Labuan Bajo sudah dapat mengakomodir tuntutan dari traveler baik di segmen premium dan mewah baik dari segi kualitas dan sebagai destinasi. Dan lebih dari itu, kemewahan yang diberikan tidak hanya kepada traveler pada segmen premium atau mewah saja akan tetapi kepada traveler di semua segmen yaitu sebuah pengalaman melihat Komodo dihabitat itu tadi. Satu hal lagi yang selalu perlu diingat adalah "Luxury in Holiday is in the Experience" atau Kemewahan dalam berwisata terletak pada pengalaman selama berlibur.