Kemewahan Dalam Wisata

Pengertian kemewahan dalam wisata bagi beberapa orang masih pada pemikiran dengan menginap di hotel yang mahal atau makan di restoran yang menyajikan roti bakar dengan harga $1,000. Pemahaman ini ada benarnya disaat kita mengartikan bahwa sesuatu yang mahal pasti akan mempresentasikan sebuah kemewahan sedangkan sesuatu yang murah mempresentasikan sesuatu dengan kualitas jauh dibawah harapan kita. Tapi itu tidak selamanya dapat dibenarkan.

Pengertian kemewahan dalam wisata tidak bisa selalu dikaitkan dengan besarnya jumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan sebuah liburan atau dengan keharusan dilayani oleh seorang asisten khusus layaknya asisten pribadi dalam kehidupan sehari-hari dalam melakukan aktivitas di kantor.

Apabila selama kita masih dalam pemikiran bahwa kemewahan selalu berhubungan dengan jumlah uang, maka kita akan selalu memiliki anggapan bahwa dengan kita berpegian ke sebuah destinasi seperti Paris dimana untuk mencapai kesana saja sudah mahal dan dengan biaya hidup yang juga mahal, maka wisata kita ke Paris adalah kemewahan, padahal aktivitas yang kita lakukan disana sama dengan yang lain seperti belanja barang mewah atau makan di restoran yang mahal.

Namun bagaimana jika kita pergi ke sebuah tempat yang sangat sepi, jauh dari keramaian dan dengan biaya yang lebih rendah daripada ke destinasi memerlukan biaya tinggi namun kita dapat berinteraksi dengan penduduk serta adat istiadat lokal serta berpartisipasi dalam kegiatan lokal yang mereka lakukan ? atau berada disebuah pulau tak berpenghuni karena kita ingin melakukan sesuatu yang tidak pernah dapat kita lakukan sebelumnya seperti menyelesaikan novel kesukaan anda sambil menikmati keindahan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih dimana kita dapat sewaktu-waktu berenang dan snorkeling ?.

Jadi, bagaimana kita mendefinisikan perjalanan mewah? Kemewahan dalam wisata adalah mengenai pengalaman, yaitu bagaimana kita merasakan sebuah liburan yang sesuai dengan keinginan kita, melihat kearifan lokal, keaslian kehidupan local serta berpartisipasi dalam kegiatan lokal yang sedang diadakan serta tidak lupa dengan perencanaan yang baik serta memilih travel agent atau tour operator yang sudah berpengalaman dan memahami betul keinginan kita akan sebuah liburan dan sesuai dengan yang sudah kita rencanakan tanpa sedikitpun penyesuaian lagi.

Apabila kita berada disebuah pemukiman nelayan di tepi pantai dan kita duduk dipantai dan melihat para isteri nelayan menunggu para suaminya kembali dari melaut dengan membawa ikan-ikan yang segar dan kemudian langsung membakarnya ala kadarnya dan langsung ditawarkan kepada kita untuk disantap, maka layanan seperti ini akan jauh mewah daripada layanan para staf di restoran mahal dengan sarung tangan dan untuk rasa makananya juga tidak kalah mewah dengan sajian juru masak lulusan luar negeri

Kelokalan

Hal ini karena anda mendapatkan sebuah pengalaman yang mempresentasikan kelokalan, keasilian dari destinasi berlibur anda serta dapat langsung berinteraksi dan berpartisipasi dengan kehidupan lokal.

Sehingga kemewahan bukanlah mengenai terkurasnya rekening bank kita atau harus menabung bahkan menjual harta lainnya hanya untuk mendapatkan layanan bintang lima di hotel dan restoran mewah, namun lebih kepada pengalaman yang kita dapat selama berlibur.